Minggu, 07 September 2014

Cause You Will Always Be My Friend, Bay!


Sekali lagi, postingan gue ini didedikasikan kepada seseorang. Satu orang yang dateng saat gue lagi sangat down, kepada dia yang gue anggap temen, bahkan sodara di perantauan. Iya ini buat lo, Bay. Ya kalo lo baca sih, haha kalo ga juga gapapa. Kan ini ceritanya tribute doang. Salah satu cara gue berterimakasih dan bersyukur dengan apa yang udah Allah kasih buat gue, salah satunya lo.

Bayu Purnama. Gue kenal lo dari asumsi sotoy gue yang berpikir bahwa lo pasti anak SMK yang lagi PKL di somewhere around Jakarta. Kenapa gue berasumsi kaya gitu? Yah gue liat dari perawakan lo saat ketemu sekilas, lo kurus banget (sorry), jadi badan lo terkesan kecil kaya anak sekolahan. Sepatu lo yang dijejerin di rak samping pintu kamar lo isinya sepatu kets, dengan warna dan model yang gaul. Lo juga pake kacamata anak jaman sekarang banget. Fix asumsi gue tak terbantahkan kalo lo masih sekolah.

Semakin diperkuat dengan interaksi pertama kita saat lo pinjem pena ke kamar gue. Se-simple itulah kita mulai kenal, disusul dengan gue terpaksa minta minum ke elo karena minum gue habis bis bis sementara gue ga beda dengan musafir padang gurun. Haus! Hahaha. Kontak berikutnya saat lo nanya ke gue soal tempat makan, sejak itu kita sering makan bareng, bahkan bisa dibilang kemana-mana bareng. Kita berargumen, berdebat, becanda, ketawa-ketawa, saling hujat, saling ngatain, tapi sadarkah lo hadirnya lo itu hadiah Allah buat gue?

Saat kita mulai kenal, gue ga lebih dari douchbag yang ga berguna, kehilangan jati diri dan lagi ancur diterpa banyak masalah. Secara fisik gue kena thypus, pikiran gue ga bahagia karena tekanan kantor, masalah di rumah, urusan kampus, dan ditambah gue baru tau kalo orang yang sangat gue pertimbangkan jadi calon suami gue ternyata masih punya pacar. Ancur, Bay, asal lo tau gue saat itu. Mungkin lo liat gue baik-baik aja. Cewe mandiri yang kerja di inner circle office, tiap hari ngantor dengan pakaian rapih, bisa apa-apa sendiri. Enggak. Saat itu gue desperate temen ngobrol. Dan Allah dengan sangat baiknya ngirimin elo jadi temen gue. Gue amat sangat bersyukur, karena itu gue anggep lo udah kaya sahabat gue, ada apa-apa gue ceritain sama lo, ada masalah, ada yang bikin gue galau, atau bikin gue seneng, gue ga segan ngetok kamar lo buat sekedar berbagi cerita. Lo juga ga segan gerecokin kamar gue yang menurut lo lebih luas dan nyaman (yaiyalah kamar gue getoh!) haha gue ngerasa kita udah kaya temen lama yang ketemu lagi, atau kaya sodara deh. Gue ga lagi nganggep lo orang asing.

Yang gue ga paham adalah kenapa kemudian lo tiba-tiba ga setegoran lagi sama gue? Sejak minggu lalu, saat gue main ke Kota Tua sama Niko tanpa bilang lo dulu, dan gue gabales bbm lo juga. Gue tau lo khawatir, maaf banget. Hari berikutnya gue mau ke MarketBar lo masih baik sama gue, bilang ati-ati dan sebagainya. Masih khawatirin gue udah makan apa belum. Terus sekarang kenapa berubah? Kasih taulah sama gue salahnya dimana?

Gue berusaha masih nyapa lo, tapi lo bersikap seakan gue ga ada, lo balik kantor langsung masuk kamar, kunci pintu, matiin lampu. Segitunyakah lo gamau liat gue? Segitunyakah lo gamau gue ganggu? Bukannya dulu lo balik kantor yang disamperin kamar gue dulu, mastiin gue udah makan apa belum. Bahkan sekarang nengok pun  enggak, kita temen kan, Bay? Masih temen kan?

Gue emang inget, lo pernah bilang, “gue tuh gampang bosen sama orang, gatau kenapa. Paling lama deket sama orang tuh 2 minggu. Abis itu gue liat mukanya aja males.” Okay gue bisa terima mungkin itu bawaan sikap elo yg bosenan, tapi Bay, bukannya kita temenan. Dan temen ga bakalan putus kan? Temen setau gue bukan kaya pacar yang deket deket deket ujug-ujug putus. Atau mungkin, lo ga menganggap gue seperti gue nganggep lo temen gue. Mungkin? Atau lo sakit hati sama gue karena gue nolak lo jadi pacar gue? Entahlah. Tapi satu hal, Bay yang harus lo tau. Komitmen gue untuk ga pacaran berlaku ke semua laki-laki. Bukan Cuma lo, dan malah lo salah satu yang gabikin gue ilfil. At least gue selalu nganggep lo penting, sebagai temen.

Yaudahlah, gue berdamai dengan keadaan ini, walaupu gue masih sangat berharap kita bisa seakrab dulu, seseru dulu, seheboh dulu. Semanis dulu saat gua nangis kangen rumah dan lo ada di situ ngapus air mata gue, ngucapin kata-kata penghiburan. Semanis dulu saat gue sedih luar biasa karena difitnah dan lo ada di situ nguatin gue, meluk gue yang berdiri aja gakuat. Semanis dulu saat lo yakinin gue bahwa pertemanan kita ga akan putus selama kita saling kontakan. Semanis dulu saat lo genggam tangan gue waktu gue kehilangan pegangan. Lo dulu begitu penting. Sekarang pun masih penting. Iya, lo masih penting. Kalo ga buat apa gue taro coklat permintaan maaf di pintu kamar lo waktu lo mulai diemin gue. Buat apa gue tetep nyapa lo dan berusaha ceria di depan lo walaupun lo nengok pun gamau lagi. Buat apa gue tetep berusaha bangun sampe jam 10 malem padahal gue ngantuk banget saat gue tau lo belum pulang. Gue khawatir. Karena lo penting, Bay. Karena lo temen gue. Lo boleh jahat sama gue, tapi menurut gue lo sama sekali ga pantes di jahatin. Bukan mau lo jadi pribadi yang keras kaya gini. Bukan juga mau lo punya jalan hidup yang sebegini berat. Kita sama-sama dari background yang sama, itu yang bikin gue yakin kita bisa terus saling nguatin satu sama lain. Kita sama-sama jadi korban dari suatu kesalahan yang ga kita perbuat. Tapi itulah hidup, Bay. Bedanya lo benar-benar mengambil jalan realis untuk ngadepin semua ini. Sementara gue masih percaya hal-hal utopis dan normatif dalam hidup, itu yang bikin gue mungkin kadang terkesan ga masuk akal, lebay, atau apapun itu sebutan lo buat gue. Hahaha

Gue ga masalah kalo lo udah gamau nganggep gue temen lo lagi, tapi sebelum gue pulang, dan entah kapan lagi gue balik ke Jakarta, kota yang bikin lo jatuh cinta dengan hingar bingarnya, gue mau ngingetin lo beberapa hal:
  1. Jangan lupa sholat, ngaji, puasa, sedekah. Gue tau lo religius sebenarnya. Lo hanya lupa bahwa keyakinan yang kita pegang harus diikuti dengan berprasangka baik pada Tuhan. Lo masih apatis dengan keputusan Tuhan terhadap idup lo, usahakan ubah itu, Bay.
  2. Minum obatnya lanjutin sampe lo bener-bener sembuh. Lo inget waktu gue nangis di kamar lo saat ngeliat lo tidur? Saat itu gue ga sanggup ngebayangin beban berat yang lo tanggung. Hidup sendiri di kota sekeras Jakarta, tanpa siapapun tempat lo pulang, tempat lo berbagi sedih. Lo selalu keliatan tegar, ditambah lo sakit. Gue bener-bener gakuat liat lo kaya gitu, Bay. Gue takut! Seandainya bisa gue bakal ajak lo ikut gue, balik ke Purwokerto atau ke Lampung, yang tepatnya lebih tenang, baik buat tubuh lo. Gue pengen lo dirawat baik, kebutuhan lo berkecukupan, dan lo ga perlu selalu terlihat kuat. Nangislah saat lo emang lelah. Gue masih temen lo yang bakal ngapus air mata lo tanpa ngejek elo. Kadang gue ngerasa lo bukan kakak gue, tapi adik yang harus gue lindungin. Harus gue jagain. Maaf, mungkin ini lebay. Tapi saat gue udah anggep penting seseorang, gue bakalan susah untuk ga peduli sama orang itu.
  3. Belajarlah maafin masa lalu lo. Ikhlasin masalah keluarga lo, ikhlasin adik lo yang sekarang udah balik ke pelukan Allah. Ikhlasin semuanya Bay. Karena itu satu-satunya cara lo bisa bebas dari masa lalu dan mulai ngeliat ke depan. Gue tau lo bisa, lo cuma butuh trigger yang tepat untuk memulai proses itu. Belajar buka hati lo buat orang-orang yang peduli sama lo, latih diri lo supaya ga gampang bosen. Kalo lo terus-terusan ngejauhin orang yang sebenernya tulus peduli sama lo, akan sampe kapan lo hidup sendirian begini? Mau sampe kapan lo keras gini Bay?
  4. Satu lagi yang terakhir, jangan malu pake kemeja lengan pendek. Asal lo tau, lo selalu terlihat keren dengan kemeja. Serius! Gue ga bohong. Jins, kemeja, kacamata, dan masker lo itu pasti bikin cewe2 mati kutu! Haha, tapi jangan coba-coba pake kaos! Apalagi dengan warna solid. Ga pantes seriusaaaannnnn! Warna yang bagus di kulit lo buat kemeja tuh sejenis biru muda, abu-abu, putih khaki, coklat juga bagus. Kalo kaos pliiisss banget dengerin saran gue, jangan pake warna solid kaya merah, ungu, biru, ijo, kuning, orange, pokoknya NO! Kaos lo tuh Cuma boleh item polos, putih polos, abu-abu bermotif, pokoknya monokrom deh, jangan main warna. Nanti lo keliatan bocah. Oiya pakelah jaket jins lo, itu keren banget seriusan! Ganteng! Jujur kan gue sebagai teman. Haha. Sepatu juga. Jangan pake sepatu kets putih-ijo lu dengan atasan batik atau seragam kantor lo yang abu-abu. Kalo lo pake flanell kotak-kotak ya boleh lah pake kets yang putih-ijo atau yg item. Dan parfum lo itu enak banget, lanjut pake itu, jangan ganti AXE, ga cocok. Bay, gue harap lo terima saran-saran gue ini, gue bicara sebagai temen yang peduli sama lo, lebih daripada yang bisa gue bilang ke lo langsung. Lo udah jadi hadiah Allah buat gue. Jadi biarkanlah gue juga jadi temen lo di masa susah. Karena ga ada yang lebih baik dari dua sahabat yang saling menguatkan di kala sulit. Gue sayang lo, Bay.


7 September 2014
Selamanya temen lo,


Cici


Tidak ada komentar:

Posting Komentar