Minggu, 07 September 2014

CONGRADUATION, DUDE!!


Hai, kali ini postingnya mau gue dedikasikan buat sahabat gue yang tanggal 17 September 2014 ini mendapat gelar Ahli Madya di bidang managemen, eh managemen apa pemasaran ya? Duh gue lupa. Intinya mah wisuda. Hahaha

Posting ini sebenernya buat menghapus sebagian rasa bersalah gue ke dia, karena gabisa dateng ke acara wisudanya. Juga karena ngelanggar janji yang kita buat bareng saat kita sama-sama berjuang masuk PTN favorit 3 tahun yang lalu. Kita saling janji buat dateng ke acara wisudaan satu sama lain. Dan nyatanya gue gabisa, bukan karena gue gamau atau males. Tapi satu hari sebelum dia wisuda, gue ada Networking di  Bandung (acara kantor), sementara sehari setelah dia wisuda, gue harus balik ke Purwokerto nyelesein skripsian gue. Seems like impossible to catch night bus from Jakarta to Lampung and go back again in the same day. Bisa rontok badan gue! Jadi ampunilah sahabat lo ini yang gabisa hadir di hari kelulusan lo. Tapi lo gaperlu mempertanyakan dukungan dan doa gue buat lo, 3 tahun dari 5 tahun kita temenan udah kepisah laut, tapi kita masih sahabatan, saling perhatian. Gue yakin hari bahagia lo ga akan kurang meriah karena doa gue selalu bersama lo. Halah!
Eh daritadi gue belum memberitahukan identitas si sahabat yang berwisuda hari ini ya? Haha ampun kakak ampuuun, Hayati lupa! Dia adalaaaaah (drum roll)...........!!!!

Asido Dionisius Situmorang, aka Onyet, aka Nyemot.

Sahabat sejati sejak jaman cupu sampe jadi keren, sejak jaman gapunya KTP sampe mau bikin NPWP, sejak sekolah naik Supra butut sampe ngampus pake Vixion, sejak gue jelek sampe sekarang makin jelek (loh?). pokoknya susah senang bersama deh. Nah berhubung ini momennya wisuda, gue mau flash back lagi perjuangan kita jaman SMA saat mau menaklukkan SNMPTN, UM, dan UMB Lokal. Biar agak melow-melow gimana gitu. Gapapa deh yaws. Gaes? Gaes? Kok pada pergi gaes? ~


Januari – Juli 2011

Nyet. Lo masih inget ga waktu itu lo milih les di Nurul Fikri dan gue milih les di Al-Qolam dan Primagama? Waktu itu kita les di tempat yang berbeda tapi dapet hal yang sama. Ga puas! Les belum ngejawab kebutuhan kita yang pengen segera garap soal-soal SNMPTN dan bukannya berkutat sama soal-soal UAN, which is udah kita hajar dari awal kelas 12. Dan akhirnya di akhir masa kelas 12 itu gue milih berhenti les, berjuang sendiri, dan lo masih hold on di Nurul Fikri. Mulai masuk masa-masa panas SNMPTN lo kerumah gue ngasih kabar kalo lo ambil IPS murni, dan gue juga. Sementara kita berdua anak IPA tulen! Ga kenal yg namanya neraca perdagangan, stratosfer, awan komulonimbus, asimilasi dan akulturasi, terserah apa banget itu.

Kita kemudian berjuang ngumpulin buku-buku bekas dari temen kita yang IPS, fotokopi soal-soal SNMPTN tahun sebelumnya supaya lebih irit. Belajar tiap malem di ruang tamu rumah gue yang sederhana dengan lesehan di karpet. Kadang itu karpet sampe pusing liat gaya belajar kita yang sambil tiduran, sambil jungkir balik, kadang sambil megangin lilin soalnya mati listrik. Kadang juga sambil diem-dieman. Inget? Kita diem-dieman bukan serius garap soal, bukan juga lagi berantem. Bukan! Kita diem-dieman gegara malem sebelumnya kita jajan jamur goreng yang minyaknya udah 1000x penyaringan dan bikin tenggorokan abal-abal kita gabisa ngomong. Haha hening serem gitu sampe nyokap gue kadang ngintipin, mungkin sambil mikir, “ini anak bedua kenapa diem-dieman? biasanya ribut sampe diteriakin tetangga samping” hahaha

Well, saat akhirnya hari penentuan. Sayang kita tes di tempat yang kepisah mayan jauh, gue di SMP something in somewhere deket Darma Bangsa dan lo dimana gitu kayanya sih di sekitaran Unila. Tujuan kita juga beda. Gue narget S1 Hubungan Internasional Unsoed dan Bahasa Inggris Unila. Sementara lo (seinget gue) ambil Hukum UNJ dan Hukum Unila. Bener ga sih? Duh gue lupa haha teman macam apa! Kita masih saling ngingetin belajar malemnya. Saling ngedoain supaya sukses. Gue pengen banget kita sukses bareng, Nyet. Sukses bareng sahabat itu ga terkira bahagianya. Susah bareng kemudian seneng bareng. Nyeesss!

Tapi nyatanya Tuhan masih pengen lo dateng ke Gereja untuk berlutut memohon bantuannya, karena lo belum lolos SNMPTN dan harus ngejer UM dan UMB Lokal. Gue tembus pilihan pertama gue, HI Unsoed. Gue ninggalin elo? Enggak nyet, sampe akhirnya gue harus berangkat ke Purwokerto dan jadi perantau, kita masih berlajar bareng buat persiapan lo menghadapi ujian. Gue optimis lo bakalan lolos, walaupun kemudian lo mengundurkan target lo ke Ahli Madya managemen. Apapun itu, sekarang lo udah bisa buktiin kalo lo bertanggung jawab dengan studi lo, lo bisa buktiin kalo Asido yang gue kenal bukan sekedar anak mami, playboy, dan ga mikirin kampus. Lo pulang dengan IP yang selalu memuaskan. Bahkan saat gue mencapai 3,92 lo dengan bangga bikin gue keok dengan angka 4 di KHS lo. Gue pengen buru-buru gantung diri pake seutas Indomie goreng rendang, asal lo tau aja! Bete banget gue dilangkahin elu. Tapi ya gimana lagi, lo emang berhasil buktiin lo mampu. Terbukti saat kita ada di ranah yang emang passion kita, di situlah potensi kita bisa keluar maksimal.

Makin besar bangganya gue sama lo saat lo semakin dekat dengan Tuhan. Saat gue liat foto-foto lo gabung di persekutuan kampus dan aktif disitu. Kita emang ga satu keyakinan. Gue terlahir dan bersyukur dilahirkan sebagai Muslim, sementara lo terlahir sebagai umat Kristus. Gue diajarkan menjaga izzah dan iffah sejak kecil dan meng-hijabkan diri gue, sementara lo diajarkan berdoa dengan puji-pujian setiap Minggu pagi. Ga masalah. Kita ga pernah nyinggung satu sama lain. Gue gapernah ngelarang lo ikut buka bersama di rumah gue, juga silaturahmi saat lebaran. Lo juga ga pernah capek nyuruh gue inget Tuhan saat gue ngerasa banyak masalah yang ga sanggup gue selesein sendiri. Okay back to topic!

Hahaha, sekarang lo udah menapaki satu babak baru kehidupan, lo udah mentas dari bangku perkuliahan, walaupun gue denger-denger lo lanjut ambil S1. Bagus deh, lanjutin terus perjuangan lo! Kita kudu sukses Nyet, bangun mimpi-mimpi yang dulu kita taro tinggi-tinggi di langit. Kejar semua kesempatan yang ada di depan mata.

Gue yakin saat pagi tanggal 17 September nanti Tante Rose bangun tidur, ga ada yang beliau rasain kecuali kebanggaan dan kebahagiaan yang luar biasa sama lo. Tante Rose bakal pake kebaya terbaiknya buat nganter bujang terbontot keluaga Situmorang pake toga di GSG Unila. Buat Tante Rose bangga nyet, gue tau lo sayang banget sama nyokap lo. Dan buat bokap lo juga bangga punya anak laki-laki yang bisa diandalkan, yang punya pemikiran ke depan, punya pertimbangan yang matang, punya pemikiran yang dewasa, dan bisa junjung tinggi nama keluarga.
Sekali lagi gue sebagai temen lo bangga. Lebih dari apa yang bisa gue bilang atau gue tulis disini. Maafin gue yang mungkin ga bakalan bisa dateng di wisuda lo, liat lo pake toga, ngegandeng Tante Rose dan Ibet. Tapi doa gue selalu bersama lo, Nyet. Gue akan berusaha semampu gue hadir kesana, tapi gue ga janji. Satu hal, gue bakal buktiin kalo gue juga bisa bikin lo bangga sama gue nanti. Tunggu gue 6 bulan lagi ya? Kita pasti sukses bareng!

Jakarta, 7 September 2014
Sahabat lo kemaren, hari ini, besok, dan selamanya.

Cicimot


Tidak ada komentar:

Posting Komentar